Pola Candlestick

Pemahaman Pola-Pola Candlestick untuk mendukung Price Action

Dalam MT4, untuk melihat chart harga bisa dengan tiga pilihan tampilan yaitu candlestick, bar, maupun line. Semua pilihan tersebut bisa Anda pilih, tergantung mana yang paling cocok untuk Anda. Kebanyakan trader lebih mudah dalam membaca chart dalam bentuk candlestick.

Tulisan kali ini kami tidak akan menjelaskan tentang sejarah candlestick, namun akan langsung ke pokok bahasan yaitu Pola Candlestick untuk mendukung analisa teknikal atau Price Action.
Penjelasan Candle

Candle yang bergerak ke atas disebut candle UP, biasanya kita memberikan warna candle UP hijau, sedangkan candle yang bergerak ke bawah disebut candle down, dan memberinya warna merah. Setiap candle bisa memiliki shadow diatas maupun di bawah body candle. Dan setiap candle memiliki titik harga sebagai harga open pembentukan candle baru dan harga close sebagai penutupan candle. Terbentuknya candle Up dan Down terjadi sebagai ekspresi mana yang paling besar antara aksi Sell dan Buy. Jika lebih kuat aksi Buy, candle akan berakhir dengan Hijau, jika lebih kuat aksi Sell, candle akan ditutup dengan warna Merah.

Karakteristik pergerakan harga mata uang dengan candlestick ini bisa lebih mudah Anda pahami karena beberapa candlestick yang berdekatan akan membentuk suatu formasi candlestick yang bisa digunakan untuk memprediksi arah harga selanjutnya.

Pergerakan harga yang kuat dan panjang keatas (bullish) atau kebawah(bearish) seringkali diawali dengan formasi candlestick tertentu.

Pola-Pola Dasar Candlestick

Seperti yang disinggung di atas, bahwa dengan membaca pola/formasi candlestick, trader akan bisa memprediksi arah pergerakan harga berikutnya. Beberapa pola candlestick memberikan sinyal yang akurat untuk mengambil keputusan transaksi Sell atau Buy.

Pola Dasar Candlestick1

 Pola Dasar Candlestick 2

Secara garis besar formasi candlestick ini dibagi menjadi dua yaitu

1. Formasi Reversal, formasi candlestick yang terbentuk yang mengindikasikan bahwa harga akan berbalik arah (trend akan berbalik).

2. Formasi Continuation, formasi candlestick yang terbentuk yang mengindikasi bahwa harga akan melanjutkan trend sebelumnya.

Sebenarnya ada banyak pola dalam analisa harga dengan bantuan candlestick, ada ratusan pola yang terdiri dari satu buah candlestick sampai lebih dari lima candlestick yang membentuk satu pola. Namun yang lebih penting, menganalisa beberapa pola candlestick yang paling akurat untuk mengambil keputusan Buy atau Sell. Berikut ada 6 Pola Candlestick Paling Kuat dan Akurat yang bisa dijadikan patokan dalam memasang order yaitu

1. Bullish/Bearish Engulfing
2. Piercing Line
3. Morning Star
4. Morning (Doji) Star
5. Three White Soldiers
6. Rising Three Method

Dengan memahami formasi candlestick atau pola-pola candlestick yang paling profitable di atas, Anda akan lebih mudah memasuki pasar Forex.