Bollinger Bands Indicator

Berikut kami share bagaimana kami trading menggunakan Bollinger Bands

Bollinger bands adalah salah satu indikator  MT4 yang bisa Anda gunakan untuk mengukur volatilitas suatu pasar. Secara sederhana, indikator ini memberitahu kita apakah pasar sedang tenang atau ramai. Kapan pergerakan harga berada di puncak dan kapan harga berada di level paling bawah. Jadi trader dengan bantuan indikator Bollinger Bands ini bisa mengetahui momen yang tepat untuk mengambil transaksi.

Indikator Bollinger Bands ini bisa Anda temui di MT4 Anda, BB adalah salah satu indikator bawaan MT4 yang bisa diaktifkan langsung melalui menu Insert >> Indicators >> Trend >> Bollinger Bands

Bollinger bands terdiri Upper bands, Middle bands dan Lower bands. Upper bands adalah garis-garis bollinger bands yang ada di bagian atas. Middle bands adalah garis yang berada di tengah dan Lower bands adalah garis yang berada di bawah. Prinsip dari Bollinger Bands ini adalah harga akan memiliki kecenderungan turning point atau kembali menuju garis middle bands jika sudah menyentuh upper bands atau lower bands. Saat harga bergerak dan menyentuh upper bands, pada titik tertentu harga akan koreksi/reversal/berbalik arah dan menyentuh middle bands, begitu juga sebaliknya jika harga bergerak menyentuh Lower bands, harga akan memiliki kecenderungan kembali ke middle bands.

…..

Buka juga informasi terkait….

ReviewCopy Trading Pumping Station, Profit minimal 10% per Bulan…

…..

Dengan cara kerja seperti diatas Bollinger bands ini juga berfungsi sebagai support dan resisten dinamis. Berikut bagaimana kami menggunakan Bollinger Bands pada timeframe M5:

Bollinger Band sebagai support resistance dinamis

Perhatikan juga gambar chart di bawah ini, adalah pair GBPUSD timeframe M5 dengan kombinasi Bollinger Band Period 60 dan Period 15. Perhatikan titik 1,2 dan 3 adalah titik-titik dimana kita dapat melakukan transaksi pada level harga yang tepat.

bollingerband_m5

Breakout pada Bollinger Bands

Dalam bollinger band, suatu level harga yang menembus/break level resisten ataupun support, ditandai dengan break atau tembusnya garis upper band atau lower band pada close candle. Pada kondisi ini harga memiliki kecenderungan tidak menuju titik tengah atau middle band melainkan akan melanjutkan trend (level break ditandai dengan nomer 4 pada gambar di atas).

Multi Timeframe Trading

Untuk mendapatkan keakuratan data dan titik-titik harga dimana kita bisa melakukan transaksi dengan tepat dan low risk pada bollinger bands ini Anda bisa melakukannya dengan membaca trend terlebih dahulu pada timeframe yang lebih besar (mulai dari D1, H4, H1 dan M15). Dan Anda bisa melakukan open posisi melalui M5 dengan bantuan Bollinger Band sebagai Price Action.

Pada sesi trading Asia antara jam 7-12 wib adalah waktu yang sangat tepat untuk trading menggunakan Bollinger Bands, karena pada saat sesi asia, harga memiliki kecenderungan bergerak sideway. Trading menggunakan Bollinger Bands pada timeframe M5 seperti setting diatas, baik dilakukan jika mengambil take profit antara 2-8 pips saja (scalping) –Anda perlu menggunakan broker dengan spread yang kecil, rekomendasi : broker IC Markets atau Axitrader.

Hindari jebakan breakout : seperti yang dijelaskan diatas, pada saat close candle yang menembus upper bands atau lower bands, maka entry yang tepat dilakukan adalah searah dengan trend yang sedang terjadi. Sering berlatih dengan selalu memperhatikan trend di M15 / H1 dan H4 akan membuat entry Anda akurat.

Disclaimer: Tidak ada jaminan trading dengan metode yang kami share diatas akan profit. Pemahaman terhadap trend market dan pengetahuan Anda akan menentukan kesuksesan trading Forex Anda.